Saturday, December 27, 2014

"Nggak Peka"

“Nggak Peka”

              Saat kita melihat
                maka kita perlahan bisa merasakakan
                Apa yang orang lain rasakan
                Saat kita merasakan
                Maka berjuta rasa bisa kita curahkan
                Membantu
                Apa yang mereka butuhkan

Judul pertamanya udah kontroversial dahsyat dan kece, karena dilebayin dikitlah biar rame hehe, apalagi kalau yang galau baca ini so pasti tambah galau!!

Kenapa sih Tuhan, diri ini engkau kasih dengan ketidakpekaan *Wah dusta kesambar petir wkwk, syukuri sekecil apapun yang kita miliki rizki nggak bakal kemana kok udah ada yang ngatur so
Keep Calm and Stay Cool

    Bung, buang dulu semua rasa galaumu mari kita sejenak memikirkan sesuatu yang lebih berarti dari pada hanya sekadar memikirkan cinta, tapi ada beberapa pengakuan besar dalam tulisan ini yak gua, bukanlah orang yang peka-,-, bukan orang yang wanita idam-idamkan untuk menjadi jodoh mereka, tapi (jodoh gua sih udah ada yang ngatur juga so kalem aja haha), karena kekurangan gua yaitu “nggak peka”, tidak mengapa ada yang bilang seperti itu juga aku terima dan aku belajar untuk lebih peduli lagi pada orang lain, bahkan pada diri ini sendiri, karena kepekeaan adalah modal awal dari seorang Psikolog (*makasih kutipan kerennya dari orang keren)


Semua ini tidak sama dengan apa yang ada digambar :P


   Ada sedikit kisah menarik yang ingin aku ceritakan:
   Beberapa hari lalu aku pergi ke dokter dan bertemu dengan pasangan suami istri yang sedang mengantri juga, tiba-tiba suaminya bertanya :
“Teu damang kunaon jang ?” dalam basa Sunda, tanya suaminya
(Sakit apa dek?)
“Teu raraos paru-paruna pak, batuk bae” jawab aku
(sakit paru-parunya pak, batuk melulu)
“Ibunya sakit apa kenapa pa ? tanya aku
“Ibu mah nyareri sendi sama lado” jawab beliau
(ibu sakit sendi sama lado)
“lado teh naon apa ?” tanya aku
(Lado itu apa?)
“muntah-muntah jang” jawab bapak
Percakapan selesai,
Lalu beberapa menit kemudian si bapak di tanya oleh pasien yang sakit
Ibunya sakit apa pa ? tanya ibu.
sakit kulit bu, ini ke dokter biar mulus kulitnya, jawab bapak.
     Tiba-tiba aku mulai nggak habis pikir kenapa si bapak itu bilang seperti itu padahal tadi bilang ke aku bahwa istri beliau sakit sendi dan muntah-muntah. Ini bercanda atau tidak, karena pas aku amati sikap bapak ini tidak menunjukan ekspresi melucu dsb, yak mungkin memang tidak kenapa-kenapa tapi ada percakapan terakhir yang membuatku sedikit aneh kembali,
“Jang kalau mau masuk duluan mangga sok” bapak bertanya
“Owh wios ieu pak ?” tanya aku juga
(Owh boleh ni pak)
“Muhun sok weh da bapak mah bade bincang-bincang sareng dokterna” jawab bapak
(iya, bapaknya mau bincang-bincang soalnya dengan dokter)
“ Owh muhun pak” jawab aku
Tambah bingung pikiran ini?
     Aku jadi nggak habis pikir bapak ini kenapa, padahal ibunya lagi sakit tapi mendahulukan orang lain dan yang lebih kacaunya adalah pas giliran selanjutnya yang masuk ternyata bapak itu malah masuk duluan,  yak pikir positifku bapak itu udah agak tua jadi agak-agak ngelantur bicaranya jadi aku bisa memahami kondisi tersebut.
     Lalu pada saat sore menjelang malam aku pergi ke rumah teman adik kelas sih, tapi punya pemikiran yang sepemahaman sebut saja namanya bunga………………….. bangkai, wkwk *ampun brow :v. Kami bertemu bertegur sapa dan rekan baru kami bertambah satu orang lagi namanya sebut saja Sate……………………………… Kuda wkwkw *ampun juga brow :v
     Pas momen adzan kami berbincang banyak mengenai sekolah kami dan banyak hal yang ingin disampaikan, tapi akhirnya kami memutuskan untuk sholat ke masjid, pada saat aku mau sholat ada dua barisan shaf sholat yang nggak diisi dan disampingnya ada orang yang seolah terlihat menunggu dan begitu ku isi orang tersebut pergi kebelakang dan malah sholat dibelakang.
      Lalu pada saat sholat, aku mendengar suara dia selalu mendahului imam (ciri sholat khuysu wkwkw)
Lalu selesai sholat aku menengok ke dia, dan tiba-tiba dia salim dan langsung pergi keluar ?
Ada apa sebenarnya hari ini …. Kenapa ada orang-orang seperti ini ?
Lalu akhirnya aku bertanya pada temanku si bunga, ada apa dengan laki-laki itu ?
Memang dia mengalami disabilitas a dari sejak kecil.
     Apa yang dapat aku lakukan sebagai mahasiswa Psikologi untuk menghadapi tantangan tersebut karena jiwa dan mental mereka masih bisa disembuhkan aku yakin itu!!, karena setiap orang berhak mempunyai kesempatan untuk hidup bahagia, hanya saja treatment yang tepat untuk menghadapi orang-orang seperti itu masih belum aku ketahui cara terbaik harus dengan memberikan apa pada mereka, karena ilmuku masih terbatas.

     Mungkin dengan menyerahkan pada expert di bidangnya yaitu Psikolog dan Psikiatri itu bisa menjadi solusi yang paling tepat untuk saat ini, karena keterbasan ilmu dan mari kita mulai untuk bersikap lebih peduli lagi dengan hal-hal seperti itu karena orang-orang seperti itu ada disekitar kita dan karena kitalah mahasiswa Psikolog pembuat generasi keren selanjutnya Indonesia :)

Sumber gambar :
http://lailarachmatika.blogspot.com/2012/06/kenapa-kamu-nggak-peka.html
»»  READMORE... Jagat Raya

Tuesday, February 21, 2012

Cara Mudah Untuk Belajar

Selaku siswa Kita dituntut untuk semangat belajar serta menuntut ilmu, namun sayang sering kali Kita jenuh akan aktivitas belajar, padahal dari sanahlah muncul berbagai macam ide dan pemikiran yang kreatif. Bagaimanapun juga sobat dari ilmu lah Kita bisa mendapatkan semangat serta motivasi dalam belajar, adapun Cara mudah untuk belajar adalah dengan mempunyai ide - ide kreatif :
1. Tanamkan Niat dan Semangat yang kuat
Apa tujuan Anda belajar ?? dapat uang atau pekerjaan jawaban itu sangatlah salah anda belajar adalah untuk mendapatkan pengetahuan bukan untuk yang lain
2. Ada Keinginan yang keras
Tahukah anda IQ besar tidak menjamin keberhasilan seseorang tapi kerja keras akan menumbuhkan semangat yang luar biasa dan bahkan bisa mengalahkan dan mendapatkan impian yang ingin kau dapat
3. Berdoa
Jangan lupa Kita berdoa kepada Allah atas segala ilmu yang didapat dan karena dimudahkannya pengetahuan
4. Carilah Tempat dan Waktu yang baik
Tempat dan waktu yang baik sangatlah diperlukan oleh kita untuk mendapatkan suasana yang sangat luar biasa
5. Terus Mengulang - Ngulang ilmu
Ilmu yang terbaik adalah ilmu yang didapat dari hal yang tidak mudah tapi dari segala usaha dan pengualangan

Jika satu hari kita bisa mendapatkan ilmu maka berapa banyak ilmu yang bisa kita isi setiap satu menit hidup Kita.
»»  READMORE... Jagat Raya

Friday, February 17, 2012

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Kita


Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Bahaya merokok bagi kesehatan sudah banyak diteliti dan dibuktikan. Efek merugikan dari rokok ini memang tidak secara langsung dirasakan, pelan tapi pasti bahaya mengancam tubuh perokok jika kebiasaan buruknya tidak segera dihentikan.
Menurut penelitian seseorang yang menghisap rokok setiap hari dapat meningkatkan resiko terkena kanker laring, paru-paru, kerongkongan, rongga mulut, gangguan pembuluh darah, gangguan kehamilan dan sakit jantung. Menurut riset seseorang yang secara rutin merokok 3 hingga 4 batang sehari, delapan kali lebih beresiko terkena kanker mulut jika dibandingkan orang yang tidak merokok. Bahkan hasil terbaru menunjukkan bahwa dalam perkembangannya merokok akan mengakibatkan kanker pankreas.
Setiap tahun frekuensi penderita penyakit kronis akibat rokok semakin meningkat. Meskipun banyak riset dan bukti otentik bahwa merokok ibarat bom waktu yang bisa merusak kesehatan. Ini dikarenakan rokok memunculkan rasa kecanduan. Di dalam rokok terkandung sebuah zat yang bernama nikotin. Zat ini bisa menimbulkan efek santai dan inilah yang membuat kebiasaan merokok sulit untuk ditinggalkan.
Bahaya Merokok bagi Kesehatan Itu Bukan Hanya Milik Perokok Aktif
Jika Anda termasuk perokok aktif, nampaknya Anda harus sedikit perduli dengan orang-orang sekitarnya. Mengapa? Karena saat merokok, bukan hanya Anda yang beresiko terkena penyakit kronis tetapi orang-orang disekitarnya memiliki resiko yang jauh lebih besar.
Saat asap rokok terlepas, secara langsung seorang perokok pasif akan menghirup udara yang bercampur asap. Ini bisa mengakibatkan sesak nafas, iritasi hingga sakit jantung dan paru-paru.
Asap rokok yang terlepas mengandung nikotin, karbon monoksida, hidrogen sianida dan amonia. Semua zat-zat tersebut adalah racun mematikan yang lambat laun bisa menggerogoti kesehatan tubuh perokok pasif. Bahkan efeknya bisa lebih parah jika dibandingkan dengan perokok aktif.

zat-zat yang terkandung dalam rokok


Disini ada 15 macam zat berbahaya yang bisa anda ketahui yaitu :
1. ACROLEIN ; zat berbentuk cair tidak berwarna diperoleh dengan mengambil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkannya. Pada dasarnya zat ini mengandung alkohol yang pasti sangat mengganggu kesehatan.
2. KARBON MONOXIDA ; gas yang tidak berbau. Zat ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat karbon. Jika karbon monoxida ini masuk ke dalam tubuh dan dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot tubuh. Satu molekul hemoglobin dapat membawa empat molekul oksigen. Apabila didalam hemoglobin itu terdapat karbon monoxida, berakibat seseorang akan kekurangan oksigen.
3. NIKOTIN ; cairan berminyak tidak berwarna. Zat ini bisa menghambat rasa lapar. Jadi menyebabkan seseorang merasa tidak lapar karena mengisap rokok.
4. AMMONIA ; gas yang tidak berwarna, terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Memiliki bau yang sangat tajam dan merangsang. Zat ini sangat cepat memasuki sel-sel tubuh dan kalau disuntikkan sedikit saja pada aliran darah akan membuat pingsan atau koma.
5. FORMIC ACID ; cairan tidak berwarna, tajam baunya, bisa bergerak bebas dan dapat membuat lepuh.
6. HYDROGEN CYANIDE ; gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasa. Zat ini paling ringan dan mudah terbakar. Cyanide mengandung racun berbahaya dan jika dimasukkan langsung ke dalam tubuh akan berakibat kematian.
7. NITROUS OXIDE ; gas tidak berwarna dan jika diisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan membuat rasa sakit. Zat ini awalnya adalah untuk zat pembius pada saat operasi.
8. FORMALDEHYDE ; gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini bersifat pengawet dan pembasmi hama.
9. PHENOL ; zat ini terdiri dari campuran kristal yang dihasilkan dari distilasi zat-zat organik misalnya kayu dan arang. Phenol bisa terikat didalam protein dan menghalangi kerja enzyme.
10. ACETOL ; zat ini adalah hasil dari pemanasan aldehyde dan menguap dengan alkohol.
11. HYDROGEN SULFIDE ; gas yang mudah terbakar dan berbau keras. Zat ini menghalangi oxidasi enxym (zat besi berisi pigmen).
12. PYRIDINE ; cairan tidak berwarna dan berbau tajam. Zat ini mampu mengubah alkohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.
13. METHYL CHLORIDE : merupakan campuran zat-zat bervalensa satu atas mana hidrogen dan karbon sebagai unsur utama. Zat ini merupakan compound organis yang sangat beracun dan uapnya bersifat sama dengan pembius.
14. METHANOL ; cairan ringan yang mudah menguap dan terbakar. Jika diminum dan diisap dapat berakibat pada kebutaan dan kematian.
15. TAR ; cairan kental berwarna coklat tua atau hitam didapatkan dengan cara distilasi kayu dan arang juga dari getah tembakau. Zat inilah yang menyebabkan kanker paru-paru

Ternyata menurut penelitian terdapat 5000 bahan kimia dari rokok sungguh luar biasa, ingin cepat mati teruslah merokok :) atau berhenti dari sekarang.



»»  READMORE... Jagat Raya

Wednesday, January 4, 2012

100 Kosa Kata Bahasa Inggris








No.
Hai sobat disini ada 100 kosa kata bahasa inggris yang sangat penting untuk dipelajari silahkan dibaca dan dihapalkan 


Bahasa Indonesia






Bahasa Inggris
1
bangun
Wake up
2
bekerja
work
3
belajar
learn
4
belajar
study
5
beranang
swim
6
berbaring
lay
7
berbeda dari, berlainan dengan
be different
8
berbeda
differ
9
berbicara
talk
10
berdenting
ring (glass)
11
berdering
ring (bell)
12
berdiri
stand
13
berdoa
pray
14
bergabung dengan
associate with
15
bergabung
join together
16
bergerak
move
17
berhenti
stop
18
bercinta
make love
19
beristirahat
rest
20
Berjuang
Fight
21
berkumpul
gather
22
berlari
run
23
bermain
play
24
berperan
role
25
berpikir
think
26
bertemu
meet
27
bertanya
ask
28
bicara
speak
29
datang
arrive
30
datang
come
31
duduk
sit
32
ingat
remember
33
jatuh
fall
34
kalah
lose
35
kelihatan
appear
36
makan
eat
37
masuk
enter
38
membuang
waste
39
membuang
throw
40
melahirkan
give birth
41
memberi
give
42
melakukan
do
43
melaporkan
report
44
melarikan diri
escape
45
meleleh
melt
46
melawan
contend
47
melengkapi
complete
48
meletakkan
put
49
melewati
pass
50
melihat
look
51
melihat
see
52
melindungi
cover
53
melindungi
protect
54
menjaga
keep
55
meloncat, melompat
jump
56
melukai
injure
57
melukai
hurt
58
melukis
paint
59
melupakan
forget
60
memaafkan
forgive
61
memakai
consume
62
menggunakan
use
63
memancangkan
sink (piles)
64
memanggang
grill
65
memanggil
call
66
memanjat
climb
67
memantulkan
reflect (heat)
68
memasak
cook
69
memasang
assemble
70
mematikan
switch off
71
mematikan
turn off
72
mematuhi
obey
73
membaca
read
74
membagi
divide
75
membandingkan
compare
76
membangun
build
77
membakar
burn
78
membawa
bring
79
membawa
carry
80
membayar
pay
81
membeli
buy
82
memberi
give
83
membersihkan
clear
84
membuka
open
85
membungkus
wrap
86
membunuh
kill
87
membutuhkan, memerlukan
need
88
memeluk
hug
89
memeriksa, mengecek
check
90
memerintah, memesan
order
91
memesan tempat
reserve
92
memilih
choose
93
meminjam
borrow
94
meminta maaf
apologize
95
memotong
cut
96
memperbaiki
fix
97
memperbaiki
improve
98
memperbaiki
repair
99
mempercayai
trust
100
memukul
hit
»»  READMORE... Jagat Raya